Laman

Cari Blog Ini

Jumat, 13 November 2009

Hari ini

Pagi ini aku terbangun dan membuka mata, maka aku bersyukur karena Allah memberiku kesempatan beramal sehari lagi.

Aku berdiri dan bersujud menghadap Rabb dalam untaian shalat di waktu subuh, maka aku bersyukur Allah masih menghidupkan aku dalam Akidah Islam yang kucintai.

Lalu aku bergegas mandi dengan air dingin yang menyegarkan seluruh tubuh, maka aku bersyukur Allah memberiku kesehatan dan kekuatan jasadi untuk berkarya hari ini.

Aku berangkat berganti-ganti kendaraan dari becak, angkot, dan kereta ekspress, maka aku kembali bersyukur bahwa Allah memberiku kelebihan dalam rizki melalui pekerjaan yang halal dan barakah.

Akhirnya ku tiba di kantor dengan senyum mengembang dan napas ngos-ngosan, melihat teman-teman sekitarku juga tersenyum dan menjawab salaam ku, maka aku bersyukur Allah menunjukkan kepadaku nikmat persaudaraan karena Allah.

Sejenak kusempatkan diri yang hina ini untuk menunaikan kewajiban bersedekah atas seluruh nikmat sebanyak ruas tulang ini di waktu Dhuha, maka aku tersedak karena sungguh banyak ucapan Hamdallah yang harus ku lantunkan. Aku mengucap alhamdulillah...

Menit dan jam kulalui dengan tekad menyelesaikan satu kebaikan lagi hari ini, maka aku bersyukur Allah memberiku sedikit ilmu untuk kubagi kepada yang lain.

Saat kumandang adzan terdengan melalui seluruh speaker di kantor dan Manajer kami mengajak untuk shalat Dzuhur berjamaah, maka aku bahagia berada di institusi yang mengingatkan ku bahwa bekerja adalah ibadah dan shalat adalah lebih utama daripada pekerjaan duniawi kita.

Aku merasakan lezatnya kerja di tempat sejuk, makanan nikmat, dan suasana nyaman dalam ketawa-ketiwi rekan kantor, maka aku bersyukur atas rasa aman dan damai yang kulalui di negeri ini.

Aku melihat matahari semakin malu dan mengajak pulang, maka aku bersyukur memiliki rumah untuk dituju.

Sesampainya di rumah, aku menemui keluarga ku berkumpul dalam bangunan mungil ini, maka aku bersyukur masih ada kehangatan di malam-malam hidupku.

Aku terduduk mengingat setiap peristiwa lucu, sedih, dan menarik sepanjang hari lalu tertawa dan menangis bersama mereka. Aku bersyukur aku bisa berbagi dengan yang mengasihi dan menyayangiku.

Aku merasakan mataku berat dan beranjak ke tempat tidur. Ku temukan bantal kesukaanku bersama selimut sudah menungguku, maka aku berbaring mengingat kembali setiap kebaikan Allah pada hari ini.

Aku masih juga kurang mengucap hamdallah... bersyukur atas segala kebaikan dalam satu hari ini. Aku begitu bergantung pada Rabb-ku, namun seringkali lupa dan asyik sendiri. Aku mulai memejamkan mata dan membayangkan hari baru ku esok.

Ya Rab, aku titipkan jiwaku pada Mu. Jika esok hari kau izinkan aku untuk hidup kembali, maka jaga aku dalam ketaatan dan syukur hanya pada Mu.
Amien...

Selasa, 06 Oktober 2009

a Fun-Full-Day

Seminggu terakhir rasanya suntuk campur iri dan ada tambahan sensitifitas meningkat. What a week. Jadi aku memutuskan untuk menghabiskan akhir pekan dengan gila-gilaan. Kapan lagi?,kata temanku.

Sebut saja, J, teman yang menemaniku Sabtu itu. Kami sudah lama berencana. Tapi apa daya, manajemen waktu yang kacau menggagalkannya tiap kali. Sekarang, tidak ada lagi alasan. Hasilnya, sehari penuh aku jalan-jalan sampai kaki pegal. Hihi..

Seharian itu dihabiskan untuk window shopping, makan-makan, nonton KCB2, duduk di atap gedung, hunting sport wear, makan lagi, cari oleh-oleh dan akhirnya pulang. Cuman begitu aja, tapi makan waktu. Pastinya, ini semua menyenangkan. Aku mau untuk mengulanginya lagi.

Obrolan hari itu lumayan bikin nyambung. Hampir seluruhnya, mungkin, adalah curhatku. Sedikit nasehat dari sahabat disana-sini, menyempurnakan hari itu. Setidaknya, kami puas dengan suasana hari itu.

Ada juga sih, yang bener-bener bikin puas. Sunglasses, sendal gunung, dan ransel yang kami borong pulang. Hihi.. Pas banget lagi ada diskon! Cuman dua hari lagi. Kalo gak inget waktu, pengennya..lagi dan lagi.

Yang juga tak terlupakan adalah kami satu lift dengan sang empunya Mall. Kayaknya dia pusing deh ngeliatin J yang rada bawel di dalam lift. Jaim dong..jaim.. Untung aja, kami gak minta foto bareng. Ups!

Kami berencana untuk melakukannya lagi. When will it be?!

Kamis, 01 Oktober 2009

Another Zero Thing

Half empty, half full. Things depend on your perception. And how i hate being in this prisoner-dilemma-situation. Sometime i feel what's best for me will do for others. Some said, not.
The world outside is full of disclosure, even if you've finishe the jungle university. Stop giving verdict, for you're not able to understand the whole universe at once. It's too enormous..and life's simply a single click.
Being with everybody else, without becoming as every other else. I have my own thoughts, don't you..? Once again, i feel zero base is awesome. It's true!

Rabu, 30 September 2009

Untuk Perempuan

Tulisan ini didedikasikan untuk sahabat yang membawa inspirasi dan memenuhi hari-hari ku dengan ceria. Khusus untuk yang memiliki catatan inspiratif di facebook: comment itu bukan untuk dirimu, tapi untuk kutipannya, Temanku Sayang...


Sehari yang lalu aku membaca catatan teman di facebook. Tanpa ku sadari, catatan yang sebenarnya tidak ditujukan untukku itu, terus kubaca. Tapi tulisannya begitu menarik..sampai-sampai mendorong diriku untuk mengomentarinya. Begini tulisannya...

"Heterosexual relationships seem to lead only to marriage, and for most poor dumb brainwashed women marriage is the climactic experience. For men, marriage is a matter of efficient logistics: the male gets his food, bed, laundry, TV, pussy, offspring and creature comforts all under one roof, where he doesn't have to dissipate his psychic energy thinking about them too much -- then he is free to go out and fight the battles of life, which is what existence is all about. But for a woman, marriage is surrender. Marriage is when a girl gives up the fight, walks off the battlefield and from then on leaves the truly interesting and significant action to her husband, who has bargained to 'take care' of her. What a sad bum deal."
Menarik ya! Apalagi membayangkan wajah teman ku yang satu itu. Memang bukan teman dekat, tapi benar-benar tergelitik. Aku kan juga sedang memikirkan tentang pernikahan. Mph!

Aku, mungkin sama dengan kebanyakan perempuan-pada-umumnya...berharap bertemu dengan dia yang begini, begitu dan bersatu dalam pernikahan. Pernikahan adalah aku bersama dia mewujudkan cita-cita dalam hidup kami. Pernikahan juga yang kelak membuat beban dan kesenangan dalam hidupku harus dibagi dengan orang lain. Ini ideal bukan realitas.

Kutipan tadi begitu...straight and absurd, menurutku. Benarkah pernikahan "merugikan" kita perempuan? Benarkah laki-laki yang selalu mendapat kepuasan dan kehormatan? Lalu perempuan adalah lagi-lagi kalangan marjinal? Diskusi ini tidak akan ada habisnya.


Tapi, menjawab pertanyaan: Kapan kamu akan menikah? Kapan mau ngundang? Kapan ... Kapan ... ? I'm not a smart girl, who know what and when the best. Yet,

Sayang, jika satu-satunya, setahu-ku, institusi yang melindungi hubungan perempuan dan laki-laki (heterosexual relationship) itu justru dianggap sesuatu yang "menghancurkan" masa depan perempuan. Sementara masih di belahan bumi yang sama, perempuan-perempuan tidak menikah dan menganggap dapat menjadi sama bahkan lebih puas daripada laki-laki tanpa menikah... Kepuasan yang dimaksud--sayangnya lagi, seringkali diartikan--hanya sebatas nafsu hewani. Urung menikah lantaran takut merugi. Menghalalkan yang haram karena dorongan naluri.

Ini memang bukan kisahku, tapi seorang teman dekat. Perempuan bekerja dengan profil karier idaman. Mendadak gelisah dan gundah setiap hari. Ternyata dia hamil diluar nikah dan ditinggalkan laki-laki tak bertanggung jawab. Ia memutuskan aborsi agar tidak ditinggal pacar. Bukan itu yang menarik. Karena kisahnya cuman klise. Tapi komentar teman curhatnya yang luar biasa bagiku...

"Bego, loe! Kenapa dimasukin (sp*rm*)?"

Ternyata itulah wajah perempuan-perempuan di dekatku. Begitu cantik..begitu berpendidikan tinggi..begitu berwawasan..begitu malang.. Mereka punya pilihan sendiri dalam hidup, sebagaimana kamu dan aku.

Mungkin kita hanya khawatir dengan tahap dalam hidup yang belum pernah kita lalui itu. Tapi semoga kita bukan sedang alergi dan berharap tidak akan melewatinya. Memang tidak semua orang yang setuju dengan kutipan tadi dari catatan facebook temanku, akan bertindak sembrono dengan "mengumbar" dirinya. Tapi catatan tadi benar-benar membuatku teringat kisah perempuan "sukses" yang menghancurkan dirinya sendiri. Begitu dekat, begitu nyata. Lebih baik berpikir optimis tentang pernikahan yang memang sesuai dengan fitrah manusia daripada berpikir pendek.

Aku hanya sedikit berharap agar teman-temanku, termasuk diriku yang masih menunggu saat yang tepat untuk menikah itu, tidak khawatir dengan masa depan kami perempuan sesudah menikah. Kami adalah perempuan yang menentukan nasib kami sendiri sebagaimana manusia lain di bumi ini. Lalu kami saling mendoakan bahwa kami akan mendapatkan laki-laki yang baik sebagai pendamping hidup kami untuk melahirkan generasi yang lebih beradab. Lalu generasi baru itu akan bercerita bahwa kami adalah perempuan-perempuan yang telah membuat mereka begitu beradab. Kami tidak akan menjadi serendah perempuan-perempuan yang pintar itu.

Kamis, 20 Agustus 2009

WITH THIS RING ...



With this ring I thee wed
And I promise:
Never to forget to make bed
Or make your breakfast at six o'clock sharp
Just the way you want it;

Fetch your slippers,
Find your pipe,
Close the window if you're in a draught;
Keep the tissues handy when you have a cold;
Keep your dinner hot and ready;
Listen to everything you say even if it bores me to tears.

I promise:
Not to squeeze the toothpaste from the middle,
Spill ash on the carpet
Or chew gum when people call;
Read the newspaper before you do
Or open the mail first

I promise:
Never to interrupt, argue, or disagre;
Never to look at another man,
Get a job that pays more than your,
Or wear high heels to look taller than you.

I promise:
Never to get frustrated or angry or scream ...
What's that? The alarm bell?
Oh, thank God it was just a dream!

Taken from Tickles and Pickles, a collection of poems by Su Taher p.34

Kamis, 13 Agustus 2009

10 Hal Paling Kusuka

Taken from Foto Kita

10 Hal yang paling kusuka : (selain Allah, rasulNya, dan jihad di jalanNya, lho)
1. Buah
2. Jeruk
3. Kupu-kupu
4. Purple
5. Jepang
6. Fireflies
7. Rok A Line
8. Cotton candy
9. Pelangi
10. Blueberry

10 Hal yang paling dihindari :
1. Keluar malam hari (sejak kapan?)
2. Lipstik
3. High heel
4. Makanan jepang non halal
5. Makanan berbau dan pedas atau panas
6. Berdebat dengan mama
7. Kebingungan
8. Pacaran
9. Penyakit menular dan mematikan
10. Orang menyebalkan

Selasa, 11 Agustus 2009

KISAH PETANI KECIL YANG MULIA


we can't make summary before read "the book" completely
Oleh : Djony Edward

Beberapa tahun yang silam, seorang pemuda terpelajar dari Semarang sedang berpergian naik pesawat ke Jakarta. Disampingnya duduk seorang ibu yang sudah berumur. Si Pemuda menyapa, dan tak lama mereka terlarut dalam obrolan ringan.

" Ibu, ada acara apa pergi ke Jakarta ?" tanya si Pemuda.

"Oh... Saya mau ke Jakarta terus "connecting flight" ke Singapore nengokin anak saya yang kedua" jawab ibu itu.

" Wouw..... hebat sekali putra ibu, pemuda itu menyahut dan terdiam sejenak. Pemuda itu merenung. Dengan keberanian yang didasari rasa ingin tahu pemuda itu melanjutkan pertanyaannya.

" Kalau saya tidak salah, anak yang di Singapore tadi, putra yang kedua ya Bu?? Bagaimana dengan adik-adiknya? ?"

Oh ya tentu, si Ibu bercerita : "Anak saya yang ketiga seorang Dokter di Malang, yang keempat Kerja di Perkebunan di Lampung, yang kelima menjadi Arsitek di Jakarta, yang keenam menjadi Kepala Cabang Bank di Purwokerto,yang ke tujuh menjadi Dosen di Semarang."

Pemuda tadi diam, hebat ibu ini, bisa mendidik anak anaknya dengan sangat baik, dari anak kedua sampai ke tujuh.

"Terus bagaimana dengan anak pertama ibu ??"

Sambil menghela napas panjang, ibu itu menjawab, "Anak saya yang pertama menjadi Petani di Godean Jogja nak".

Dia menggarap sawahnya sendiri yang tidak terlalu lebar "

Pemuda itu segera menyahut, "Maaf ya Bu..... kalau ibu agak kecewa ya dengan anak pertama ibu, adik-adiknya berpendidikan tinggi dan sukses di pekerjaannya, sedang dia menjadi petani "??

Dengan tersenyum ibu itu menjawab,

" Ooo ...tidak tidak begitu nak.... Justru saya sangat bangga dengan anak pertama saya, karena dialah yang membiayai sekolah semua adik-adiknya dari hasil dia bertani"

Point of view:

Everybody in the world is a important person.
Open your eyes....
your heart....
your mind....
your point of view....
because we can't make summary before read "the book"
completely.

The wise person says...
The more important thing is not WHO YOU ARE
But...
WHAT YOU HAVE BEEN DOING

Rabu, 05 Agustus 2009

Lagu Favorit Akhwat Sholehah

Pernah punya temen anak rohis? yang biasa disebut ikhwan dan akhwat. Ciri-cirinya: jaim alias jaga iman, tawadhu' alias ketawa sambil nunduk, jilbab atau jenggot yang gondrong, dan seterusnya. Tapi memang benar kata opick, berteman dengan orang-orang sholeh seperti mereka adalah obat hati. Rasanya ingin terus menjaga kesholehan. Sebuah reminder hidup. Semoga saudara-saudariku, al ikhwan wal akhowat diluar sana juga tetap istiqomah dalam jalan dakwah.


Alkisah, waktu diriku masih aktif di lembaga dakwah fakultas kampus, saya bersama teman-teman tim syiar mengadakan rapat di bawah pohon rindang di plaza fisip--tempat duduk-duduk di pusat fakultas. Sambil diskusi kami asik minum es dan terbersitlah ide untuk saling mengenal. Maklum, ikhwan-akhwat meski satu tim belum tentu saling mengenal lantaran jalan sambil nunduk terus. Ketua tim mengusulkan membuat satu pertanyaan untuk dijawab setiap anggota sebagai informasi tambahan tentang saudara kita. Pertanyaan nya adalah : "Apa lagu favorit kamu?"

Disinilah letak kelucuannya...

Aku sendiri sudah lupa, lagu favorit ku apa. Mungkin Wada'an nya Izzis. Uuu...maklum, kan yang tanya anak rohis. Jadi harus jaim, dunks! Lagu favorit tentulah nasyid. Izzis pula! Biar terkesan militan gitu. Tapi ada seorang akhwat yang menurut ku sangat polos, padahal dia sholeh beneran lho!

Dia mengatakan lagu kesukaannya : Lost In Space. Aku jelas tahu lagu ini. Ini lagu favorit seorang teman di SMA yang waktu itu lagi nge-gebet teman satu genk-ku. Tapi, akhwat sholehah ini mengatakan bahwa lagu kesukaannya itu adalah tentang berputar-putar di ruang angkasa. Wakakak... Aku yakin dia gak tahu apa isi lagu itu sebenarnya. Kalau dia tahu, pasti kaget.

Buat kamu yang belum tahu lagu itu, nih text lagunya...

Lost in Space
Sometimes I get tired of this me-first attitude
You are the one thing that keeps me smiling
That's why I'm always wishing hard for you

'Cause your light shines so bright
I don't feel no solitude
You are my first star at night
I'd be lost in space without you

And I'll never lose my faith in you
How will I ever get to heaven, if I do

Feels just so fine
When we touch the sky me and you
This is my idea of heaven
Why can't it always be so good?

But it's all right, I know you're out there
Doing what you've gotta do
You are my soul satellite
I'd be lost in space without you

And I'll never lose my faith in you
How will I ever get to heaven, if I do

And I'll never lose my faith in you
How will I ever get to heaven, if I do

And I'll never lose my faith in you
How will I ever get to heaven, if I do

And I'll never lose my faith in you
How will I ever get to heaven, if I do

And I'll never lose my faith in you
How will I ever get to heaven, if I do

Jumat, 31 Juli 2009

What's Your Colour (Template)?

"Tidak ada yang pasti dalam dunia ini, kecuali perubahan"

Beginilah adanya dunia: yang bertahan adalah yang mampu beradaptasi dengan perubahan di lingkungannya. Tapi yang namanya ganti-ganti template blog, susah-susah gampang. Hal paling nyebelin adalah menyesuaikan width dan widget kamu. Ada sih cara supaya widget lama tetap ada. Tapi kalo tertarik dengan template model baru yang jumlah kolomnya berbeda, ini jadi agak ribet. Menurutku..

Hmmm,,, ada baiknya bikin tulisan tentang panduan memasang template baru. Bukannya gak ada kalau kamu search di Mbah Google. Tapi mostly, bahasanya rada ribet dan bikin kita yang awam ini kikuk.

Bagaimana tampilan baru ku? Kok jadi gak mencerminkan rainbow ya? Hehehe,, nanti dibenerin lagi deh. Sebenernya yang aku suka dari template ini adalah banyak kolomnya. Jadi asik. Cuman buat tipe doyan nulis kayak diriku ini jadi agak kurang puas melihat width posting-an. It's Ok! I can manage that!

Btw, aku suka rainbow sejak masuk fisip UI. Sebenarnya warna kesukaanku UNGU. Tapi warna-warni itu gak akan bikin kamu mati justru makin hidup! Itu hikmah yang kudapat dari fisip--jungle of campus. Warna tema blog ini hitam, jadi seakan redup saja hari-hariku. Enggak kok, masih ceria seperti sedia kala. Ada yang bilang warna mencerminkan kepribadian. Bener gak ya. Tapi ulasan yang satu ini lumayan menarik. (dari blog sebelah) Atau kamu juga bisa ikutan tes ipersonic di sini.

Seseorang akan dapat menemukan perbedaan-perbadaan motif dasar, kebutuhan, dan keinginan di antara empat tipe kepribadian, yakni merah, biru, putih, dan kuning.

MERAH

Kepribadian merah menjalani hidup dengan penuh kekuatan. Merah sangat berkomitmen pada tujuan dan bertekad untuk menyelesaikan apapun yang disodorkan kehidupan di hadapannya. Kepribadian merah begitu penuh tekad dan produktif sehingga keintiman di abaikan atau di sangkal sebagai bukan hal yang penting.

BIRU

Kehidupan adalah rangkaian komitmen bagi biru. Berkomitmen pada hubungan mungkin merupakan kekuatan biru yang terbesar. Biru senang bersama orang lain dan dengan sukarela mengorbankan keuntungan pribadi demi memiliki hubungan yang akrab. Biru member diri dengan murh hati dalam hubungan yang bernilai. Karena kesediaan untuk komit dalam hubungan, biru mnejalin persahabatan mendalam yang seringkali berlangsung seumur hidup. Biru sangat bias di andalkan dan memendang janji verbal sama mengikatnya, seperti kontrak tertulis dimanapun, bangga akan kemampuan mempertahankan hubungan jangka panjang. Sifat mengagumkan ini member kredibilitas konsep bahwa biru biasanya menikmati hubungan yang jauh lebih kaya dari pada tipe kepribadian manapun. Biru sepenuhnya setia pada orang. Biru tetep setia dalam masa senag dan susah. Ketika orang menyadarai dalamnya komitmen biru, mudah di pahami mengapa cuaca baik dan buruk tidak banyak berdampak pada kesetiaan biru.

PUTIH

Biru dan putih sama-sama mampu sangaty komit pada satu sama lain. Biru dan putih menghargai rasa aman dan menemukan hubungan dalam komitmen sebagai cara paling almaiah dalam menikmati hidup. Biru cenderung merasakan komitmen emosional yang mendalam pada orang. Sementara putih merasa mudah menerima dan mencintai orang-orang yang dijumpai. Putih toleran dan menerima orang lain. Putih komit tanpa banyak rebut dalam hubungan.

KUNING

Tidak ada kepribadian lain yang mengejar kesenangan seperti kuning. Kuning seringkali hidup untuk bermain. Ketika kuning tertekan di tempat kerja atau di rumah, hobi yang membangkitkan energy atau liburan singkat menggantikan wajah lusuh dengan semangat kemudaan. Kuning tidak mengerti mengapa ada yang mau komit pada sesuatu yang tidak mengandung kesenangan di dalamnya. Karena menyukai kesenangan dan tidak suka dikekang, kuning jarang mau terikat dalam suatu pernikahan.

See ya!

Selasa, 28 Juli 2009

10 Alasan



10 Alasan untuk senyum hari ini :
1. Senyum itu ibadah
2. Menghilangkan ngantuk
3. Ada yang cantik di sebelah
4. Sebagai tanda syukur
5. Olahraga muka
6. Menambah energi dan nuansa bahagia
7. Biar disenyumin balik
8. Katanya sih bikin sehat
9. Daripada cembetut ajah
10. Karena dunia begitu indah

10 Alasan untuk berhenti sejenak :

1. Kamu terlalu banyak bekerja
2. Atau terlalu banyak bermain
3. Atau kebanyakan bengong
4. Bisa jenuh trus stress
5. Stress jadi step, step jadi stop
6. Recharge kembali energi mu
7. Kreatifitas bisa didapatkan dengan berhenti dari rutinitas
8. Jangan mau diperbudak kerjaan
9. Carilah inspirasi, buat yang baru.
10. Tidak ada yang abadi, maka hentikan! walau sejenak

10 Alasan wanita untuk bekerja :
1. Gak punya duit
2. Gak da sandaran hidup
3. Butuh aktualisasi diri
4. Disuruh ortu
5. Gak betah di rumah
6. Mau bermanfaat buat orang
7. Belum menikah
8. Sangat cerdas
9. Membantu suami
10. Emansipasi

Sampai ketemu di sepuluh berikutnya

Aku Suka Dia

"We can do not great things, only small things with great love."
Mother Teresa



Tokoh idolaku adalah Mush'ab bin Umair. Pasti pada kenal kalau sudah baca 60 Karakteristik Sahabat. Tokoh yang luar biasa bagiku. Kisahnya menyentuh sekaligus membawa hikmah.

Kalau ada yang tanya, kenapa? Jawaban ku selalu begini: kan keren, kaya, sholeh lagi. Kurang apa?

Alkisah idola ku adalah pemuda paling tampan di Mekkah. Lahir di keluarga bangsawan terpandang dan kesayangan keluarga nya. Sebagaimana diriku, perempuan-perempuan di Mekkah mengidolakannya. Konon, ketika Mus'ab berbelanja bahan pakaian di pasar, ia selalu minta ditunjukkan yang paling mahal dan berkualitas. Dan pertanyaannya tetap sama, "Apa tidak ada yang lebih bagus lagi?"--kayak iklan obat anti nyamuk ya. Ada juga yang meriwayatkan, Mus'ab begitu harum dan wangi, sampai-sampai ketika dirinya akan datang, perempuan-perempuan Mekkah sudah mencium harumnya dari kejauhan. Pake parfum apa ya?

Sosok Mus'ab yang super dupper keren tadi berakhir manakala dirinya memutuskan memeluk Islam dan mengikuti Rasulullah SAW. Mus'ab dibuang oleh keluarganya bahkan tidak lagi menjadi kesayangan ibunya. Mus'ab adalah sahabat generasi awal. Dia-lah yang menjadi duta pertama Islam, mencari tempat hijrah bagi ummat Islam. Tapi kisah paling favorit ku adalah...

Perang Uhud. Perang ini paling fenomenal dalam siroh nabawiyah. Banyak orang mengingatnya sebagai perang dimana ummat Islam mengalami kekalahan. Padahal sebenarnya, hanya dalam salah satu episode pertempuran ummat Islam mengalami kekalahan. Secara keseluruhan, ummat Islam memenangkan perang uhud. Jadi inget pengkajian strategi di kuliah dulu. Perang dan damai. Hihihi.

Dalam perang yang fenomenal tersebut--karena rasulullah SAW sempet digossipin sudah meninggal, sahabat-sahabat utama berguguran--Mus'ab adalah pemegang panji ummat Islam. Subhanallah, dalam perang yang "heboh" ini, Mus'ab terus mempertahankan panji Islam dengan tangan kanannya, lalu ditebas. Diganti dengan tangan kirinya, lalu ditebas. Lalu dengan didekap dadanya, dan Mus'ab terus ditebas pedang. Seluruh badannya penuh sayatan pedang, kecuali dadanya yang memeluk panji Islam. Mus'ab syahid.

Penguburan syuhada Uhud sungguh memilukan, termasuk Mus'ab. Kain kafan tidak ada yang bisa menutupi seluruh tubuhnya. Bila ditarik ke atas, maka bagian bawah tubuhnya tidak tertutup. Bila ditarik ke bawah, bagian atasnya yang terbuka. Maka Rasulullah menyuruh sahabat menutup bagian atas tubuhnya dan menaburkan rumput idzkir di bagian bawahnya. Semua terharu mengingat kehidupan Mus'ab sebelum masuk Islam dan betapa berbeda dirinya setelah menjadi syuhada.

Allah berjanji akan menjaga jasad syuhada uhud. Hal ini terbukti manakala terjadi banjir di makam uhud. Jenasah syuhada masih utuh terlihat. Subhanallah.

Mus'ab bin Umair, keren abis! You are my idol!
Seandainya mudah menjadi mujahidah yang mengejar surga dan melupakan dunia.
Bismillahitawakkaltu.

Senin, 27 Juli 2009

Zero Base


"I am free of all prejudices. I hate everyone equally."
(W.C. Fields)

This is exactly what I feel these days. Complicated yet firmed. Puzzled yet straightforward. What is this truly? If I should ask, whom I asked? They all seemed so demanding, frustrating, self-oriented, and ignorant. They are so called friends, pals, brother-sisters, family, or someone you know for a long time. Are they?


I remember reading the beginning of Pride and Prejudice. How people driven by their pride and prejudice. It is not a mistake or a sin. It is a human nature to think and act derived from what inside the head. Part of human body that can be filled with experiences, thoughts, and knowledge is called brain. As addition, I believe heart do, to.

I hate being hate by others. But people have the rights to judge others, too as I do the same. But it's better to have no prejudice at all. What some called as zero-base. Funny that I often defended the theory earlier. Now, it seems I understand why we must "zero" our thoughts. Allah give you the best, as always!

Kamis, 23 Juli 2009

Bidadari Surga

Namanya "Aini". begitu ummi biasa memanggilnya. Salah satu "adik " terbaik yang pernah ummi miliki, yang pernah ummi temui dan alhamdulillah Allah pertemukan ummi dengannya.

Seharusnya 28 Januari lalu genap ia menginjak usia 37 tahun. Beberapa tahun bersamanya , banyak contoh yang bisa ummi ambil darinya. Kedewasaan sikap, keshabaran, keistiqomahan, dan pengabdian yang luar biasa meretas jalan da'wah ini. Seorang muharrik da'wah yang tangguh dan tak pernah menyerah. Sosok yang tidak pernah mengeluh, tidak pernah putus asa dan memiliki khusnuzon yang teramat tinggi kepada Allah. Dan dia adalah salah satu amanah ummi terberat, ketika memang harusnya ia sudah memasuki sebuah jenjang pernikahan.

Ketika beberapa akhwat lain yang lebih muda usianya melenggang dengan mudahnya menuju jenjang tersebut, maka 'Aini Allah taqdirkan harus terus meretas keshabaran. Beberapa kali ummi berikhtiar membantunya menemukan ikhwan shalih, tetapi ketika sudah memulai setengah perjalanan proses..Allah pun berkehendak lain. Namun begitu, tidak pernah ada protes yang keluar dari lisannya, tidak juga ada keluh kesah, atau bahkan mempertanyakan kenapa sang ikhwan begitu " lemahnya " hingga tidak mampu menerjang berbagai penghalang ? Atau ketika masalah fisik, suku , serta terlebih usia yang selalu menjadi kendala utama seorang ikhwan mengundurkan diri , 'Aini pun tidak pernah mempertanyakan atau memprotes " kenapa ikhwan sekarang seperti ini ?

Tidak ada gurat sesal, kecewa, atau sedih pada raut muka ataupun tutur katanya . Kepasrahan dan keyakinan terhadap kehendak Allah begitu indah terlukis dalam dirinya.

Hingga, akhirnya seorang ikhwan shalih yang dengan kebaikan akhlak serta ilmunya, datang! dan berkenan untuk menjadikannya seorang pendamping. Tidak ada luapan euphoria kebahagiaan yang ia tampakkan selain ucapan singkat yang penuh makna " Alhamdulillah. .jazakillah ummi sudah membantu...mohon do'a agar diridhai Allah "

Alhamdulillah , Allah mudahkan proses ta'arauf serta khitbah mereka, tanpa ada kendala apapun seperti yang pernah terjadi sebelumnya. Padahal ikhwan shalih yang Allah pilihkan tersebut berusia 10 tahun lebih muda dari usianya.

Berkomitmen pada sunnah Rasulullah untuk menyegerakan sebuah pernikahan, maka rencana akad pun direncanakan 1 bulan kemudian, bertepatan dengan selesainya adik sang ikhwan menyelesaikan studi di negeri Mesir.

Namun , Allah lah Maha Sebaik-baik Pembuat keputusan..

2 minggu menjelang hari pernikahan, sebuah kabar duka pun datang. Usai 'Aini mengisi sebuah ta'lim , motor yang dikendarainya terserempet sebuah mobil, dan menabrak kontainer didepannya. 'Aini shalihah pun harus meregang nyawa di ruang ICU. 2 hari setelah peristiwa itu, Rumah sakit yang menanganinya pun me! nyatakan menyerah. Tidak sanggup berbuat banyak karena kondisinya yang begitu parah.

Hanya iringan dzikir disela-sela isak tangis kami yang berada disana. Semua keluarga 'Aini juga sang ikhwan pun sudah berkumpul. Mencoba menata hati bersama untuk pasrah dan bersiap menerima apapun ketentuanNya. Kami hanya terus berdo'a agar Allah berikan yang terbaik dan terindah untuknya. Hingga sesaat, Allah mengijinkan 'Aini tersadar dan menggerakkan jemarinya. Rabb..sebait harapan pun kembali kami rajut agar Allah berkenan memberikan kesembuhan, walau harapan itu terus menipis seiring kondisinya yang semakin melemah. Hingga kemudian sang ikhwan pun mengajukan sebuah permintaan kepada keluarga 'Aini.

" Ijinkan saya untuk membantunya menggenapkan setengah Dien ini. Jika Allah berkehendak memanggilnya, maka ia datang menghadap Allah dalam keadaan sudah melaksanakan sunnah Rasulullah.. ."

Permintaan yang membuat kami semua tertegun. Yakinkah dia dengan keputusannya ?
Dalam kedaaan demikian , akhirnya 2 keluarga besar itupun sepaka t memenuhi permintaan sang ikhwan.

Sang bunda pun membisikkan rencana tersebut di telinga 'Aini. Dan baru kali itulah ummi melihat aliran airmata mengalir dari sepasang mata jernihnya.

Tepat pukul 16.00, dihadiri seorang penghulu,orangtua dari 2 pihak, serta beberapa sahabat dan dokter serta perawat...pernikaha n yang penuh tangis duka itupun dilaksanakan. Tidak seperti pernikahan lazimnya yang diiringi tangis kebahagiaan, maka pernikahan tersebut penuh dengan rasa yang sangat sulit terlukiskan. Khidmat, sepi namun penuh isakan tangis kesedihan.

Tepat setelah ijab kabul terucap...sang ikhwan pun mencium kening 'Aini serta membacakan do'a diatas kain perban putih yang sudah berganti warna menjadi merah penuh darah yang menutupi hampir seluruh kepala A'ini. Lirih, kami pun masih mendengar 'Aini berucap, " Tolong Ikhlaskan saya....."

Hanya 5 menit. Ya..hanya 5 menit setelah ijab kabul itu. Tangisanpun memecah ruangan yang tadinya senyap menahan sesak! dan airmata. Akhirnya Allah menjemputnya dalam keadaan tenang dan senyum indah.

Dia telah menjemput seorang bidadari...

Sungguh indah karunia dan janji yang telah Allah berikan padanya...

Dia memang hanya pantas untuk para mujahidNya di Jannah al firdausi....

Dan sang ikhwan pun melepas dengan penuh sukacita dengan iringan tetes airmata yang tidak kuasa ditahannya.. .

" ..Saya telah menikahi seorang bidadari.. nikmat mana lagi yang saya dustakan..."

Begitulah sang ikhwan shalih mengutip ayat Ar RahmanNya...

Ya Rabb..Engkau sebaik-baik pembuat skenario kehidupan hambaMu..Maka jadikanlah kami senantiasa dapat memngambil hikmah dari setiap episode kehidupan yang Engkau berikan...

Selamat jalan adikku sayang ...engkau memang bidadari surga yang Allah tidak berkenan seorang ikhwan pun didunia ini yang bisa mendampingi kehidupanmu kecuali para ikhwan shalih yang berkhidmat di jalan da'wah dengan ikhlas, tawadhu dan siap ber! jihad dijalanNya dan kelak menutup mata sebagai seorang syuhada...."
Selamat jalan 'Aini..semoga Allah memberimu tempat terindah di surgaNya....

Dikutip dari milis sebelah. Semoga Allah menjadikan kita hamba yang bertaqwa. Sesunguhnya senantiasa meluruskan niat karena Allah adalah sebuah proses. Semoga Allah menjaga keikhlasan kita.

Selasa, 07 Juli 2009

Mutiara Tetangga

"Satu-satu!"
Trus aku mulai nyanyi, "Satu-satu..aku sayang ibu. Dua-dua..juga sayang bapak." dst.
Tiba-tiba dia bilang lagi, "Bebek! Odong-odong!" Ha?!? Apalagi tuh.
"Potong bebek angsa, masak di kuali. Nona minta dansa ..."
Eh, dia langsung lari ke mamaku, "Ayun-ayun.. yun,yun". Asik banget, minta apa aja dikasih. Begitulah adik kecil, anak tetangga ku. Disayang orang sekomplek. Meski jarang senyum, semua bilang dia lucu dan menggemaskan.
Lihat aja aksinya ketika difoto.


Waktu dibilang, "Ayo foto." Dia langsung gaya. Tapi cuman sekejap. Walhasil gak ketangkap kamera gayanya itu. Aneh deh foto-foto adek di kameraku. Tapi tetep lucu! Adek Tiaraaa...

Senin, 06 Juli 2009

SBY kampanye! Jalan Macet!

Sabtu 04 Juli 2009, jadwal kampanye SBY. Kampanye bakal diadain di Gelora Bung Karno. Awalnya acara diumumkan bakal mulai pagi. Wuih, pasti ke arah Senayan macet. Jadi, aku dan teman-teman membatalkan rencana ke Pesta Buku Jakarta. Padahal aku udah buat list nya. Hiks hiks.

Tapi akhirnya seorang teman mengajak bareng ke GBK pada siang hari. Wah lumayan tuh kalo bisa mampir sekalian ke Pesta Buku. Musti susun strategi dulu gimana caranya sampe ke Senayan. Paling aman lewat busway. Jalur bebas hambatan beneran asal gak ada yang serobot masuk.

Belum sampai kampung melayu, aku sudah kebingungan di pondok kopi. Suasana benar-benar sepi seperti bukan hari Sabtu. Nah lo...

Alhamdulillah ada 52 yang bisa mengantarku sampai tebet, meski harus melalui banyak jalur macet. Sepanjang jalan terbayang suasana di Jakarta. Setibanya di karet untuk nyambung trans jakarta, aku duduk lama di halte busway. Tiba-tiba ada pemandangan unik.

Mendadak mobil-mobil pribadi dari arah Thamrin menuju Semanggi berhenti dan berbalik 180 derajad. Udah kayak nonton film action aja. Mobil itu sepertinya nekat melaju berbalik masuk ke jalur lambat dan mundur berbelok ke arah Casablanca. Gile bener, emang macet kayak apa ya Semanggi. Aku sempet ragu untuk terus maju. Tapi udah tanggung juga.

Akhirnya aku tetap lanjut tapi begitu masuk kawasan Senayan aku langsung belok ke Tennis Indoor. Wuih, bukannya lihat kampanye menambah wawasan. Aku malah asik jalan-jalan sendirian di Book Fair. Seneng banget. Sayangnya, gak bawa mobil kalo gak borong lagi nih!

Kamis, 02 Juli 2009

Kebijakan Baru : Free-form

Semenjak beberapa hari yang lalu kantor heboh dengan gossip: bakal ada SK tentang baju bebas di hari Jumat. Akhirnya gosip itu berlalu alias menjadi kenyataan. Kru perempuan bersorak semua--dalam artian bahagia dan panik. Buat mereka yang sudah menanti-nantikan sejak lama kebijakan ini, telah menimbun stock baju lumayan banyak. Bagi yang terkejut, pasti mereka yang gak punya persediaan rok apapun dirumah, kecuali rok ungu seragam kantor.

Gak ada yang bakal lebih seru daripada Jumat besok, hari pertama diberlakukannya kebijakan tadi. It's gonna be a fashion day!

Ada untungnya juga kebijakan lama: wajib pake seragam! Kita gak dipusingkan dengan urusan mau pakai baju apa ya hari ini. Ada ruginya juga sih, alias mati gaya. Diriku yang begitu suka warna ungu, mulai mempertimbangkan warna-warna lain dalam kehidupan ini. Duuh, puitis amat. Kebijakan baru ini jelas didukung oleh mbak-mbak dan ibu-ibu yang doyan koleksi baju. Jadi ada alasan buat berburu baju kan. Selain itu, menurut mereka dengan baju bebas maka karakter mereka yang sesungguhnya-lah yang akan tampak. Oooo...ternyata seragam ungu itu bukan "Gue Banget" ya. Hehehe..

Well, girls, there's no other choice than let's get some new clothes! Shopping time!
--But don't forget your priority!



Rabu, 01 Juli 2009

Gejala Kehilangan Konsentrasi mengakibatkan Magabut

Ternyata saya termasuk orang yang memiliki tingkat konsentrasi sangat rendah. Benar-benar mudah teralihkan. Apalagi belakangan ini suasana kantor sangat mendukung untuk mengalihkan perhatian dari pekerjaan. Banyak yang cuti, kantor sepi, load pekerjaan sedang berkurang--ada aja yang jadi alasan untuk berleha-leha. Walhasil, berangkat kerja tanpa planning kerja dan pulang on time.

Apakah kami termasuk yang susah berkonsentrasi juga? Sebaiknya kamu memastikan semua pekerjaan selesai sebelum asik "mengerjakan" yang lain. Lihat saja betapa blog ini sudah penuh dengan artikel-artikel gak penting akibat gejala kehilangan konsentrasi. Kalau sudah begini, bisa dibilang magabut. Ouch!

Selasa, 30 Juni 2009

Goes Camping!



Alhamdulillah! Akhirnya bisa ngerasain kemping. Ini adalah foto pada siang hari sesudah kami pemanasan outbond. Bahagia banget ya tampang kita.
Padahal...

Benar-benar pelajaran hidup di alam! Ini adalah kali pertama, aku dan teman-teman tidur di tenda. Kami benar-benar mengantuk sampai tidak sadar bahwa tenda kami tidak ditutup rapat semalaman. Walhasil, tidak bisa tidur karena kedinginan.

Berhubung kami tidur jam 2 pagi dan dianjurkan bersiap jam 5.30--- Pfiuh, bener-bener gak mungkin! Setelah sadar tenda tertutup rapat, sesudah shalat subuh kami tidur lagi dengan tenda tertutup rapat. Lumayan, menambahkan energi untuk outbond.

Jalan pagi, benar-benar menakjubkan. Sepanjang jalan kami asik foto. Pemandangannya juga lumayan buat background. Well, this weekend really end my boring day. Kapan lagi ya kita jalan-jalan. Asik euy!

Comic Strip : Baby Blues

Baby Blues merupakan komik yang lumayan bagus. Tentang orangtua yang stress menghadapi anak-anaknya. Lutchu dan ada hikmahnya--kadang-kadang.


"Dasar anak-anak, selalu punya pikirannya sendiri"



Anak-anak adalah sumber kreativitas (as imajinatif dan fantastis)"


"Orangtua seringkali harus mengalah atau memang tidak ada lagi yang bisa dilakukan"


"Anak-anak tidak mudah putus asa dan menyerah"

Senin, 29 Juni 2009

Tabungan Naik Haji


Ingat cerita tukang bubur Sulam naik haji? Cerita itu benar-benar bagus. Singkat kata, begini kisahnya...

Ada seorang tukang bubur yang shaleh, Bang Sulam, tinggal bersama istri dan ibunya yang sudah tua. Sang ibu sangat ingin sekali naik haji. Sebagai anak yang berbakti pada orang tua, Bang Sulam pun berniat mewujudkan cita-cita sang ibu. Bang Sulam bekerja dengan berjualan bubur, tak lupa rajin sedekah untuk anak yatim, dan menyisihkan penghasilannya untuk tabungan haji.

Tak disangka, si tukang bubur menemui rizki Allah lebih cepat daripada perkiraan manusia. Bang Sulam mendapat hadiah dari bank tempatnya menabung. Sebuah mobil mewah, mercedez benz. Bang Sulam sempat kaget bahkan mengira dirinya ditipu. Bang Sulam pun berujar, "Saya lebih suka naik haji daripada dapat mobil mewah". Direktur Bank mengatakan harga mobil ini sangat mahal, bahkan untuk naik haji sekampung pun Bang Sulam mampu. Akhirnya sang direktur membantu Bang Sulam mendapatkan uang tunai dengan menukar mercy hadiah tadi. Bang Sulam bisa naik haji mengajak ibu, istri, dan tetangganya yang tergolong tidak mampu. Subhanallah...

Cerita ini terus membayang dan membawa hikmah bagi saya pribadi. Bahwa setiap niat kebaikan harus diwujudkan dengan langkah nyata. Ingin berkurban, mana usaha mengumpulkan uangnya?! Ingin berinfak, mana penghasilannya?! Ingin ibu bisa naik haji, mana usahanya?! Sekarang kita harus menggenapkan niat! Jangan tunda lagi. Kebutuhan manusia akan selalu ada. Kalau tidak dimulai sekarang kapan lagi. Target tahun ini : mendapatkan nomor antri naik haji untuk mama tercinta. Ayo buruan kumpulin 20 jutanya, bu!!! Tinggal berapa bulan lagi ni 2009.

Jumat, 26 Juni 2009

Pelipur Lara


Ketika wajah ini penat memikirkan dunia
maka berwudhu' lah
Ketika tangan ini letih menggapai cita-cita
maka bertakbirlah
Ketika pundak tak kuasa memikul amanah
maka bersujudlah

Ikhlaskan semua dan mendekatlah padaNya
agar tunduk di saat yang lain angkuh
agar teguh di saat yang lain runtuh
agar tegar di saat yang lain terlempar

(From my dearest friend)

Antara Kebenaran dan “Pembenaran”

Similar is not even close to the same

dakwatuna.com – Semua anak Adam selalu menginginkan terjadinya hal-hal yang benar, selalu ingin perilaku dan tindak tanduknya dinilai benar, selalu berharap orang lain memberikan kepadanya hal-hal yang benar…. Tetapi ternyata….. Ternyata hal-hal yang dianggap benar, atau dinilai benar tidak semuanya berdasarkan pada Kebenaran. Terkadang hal-hal yang terlihat atau tampak benar sebenarnya hanyalah berdasarkan pembenaran semata. Tidak semua kesalahan sulit dibungkus dengan retorika pembenaran. Tidak semua hawa nafsu telanjang tanpa pakaian pembenaran. Tidak semua kepalsuan terlihat apa adanya.

Ada jarak yang jauh antara kebenaran dengan (yang sekedar) pembenaran. Karena:
Kebenaran bersumber dari Allah, sedangkan pembenaran bersumber dari hati yang sakit.


Allah berfirman tentang kebenaran:

147. kebenaran itu adalah dari Tuhanmu, sebab itu jangan sekali-kali kamu Termasuk orang-orang yang ragu. (al-Baqarah: 147)

Sementara tentang pembenaran Allah berfirman:

10. dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.

11. dan bila dikatakan kepada mereka: “Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi”. mereka menjawab: “Sesungguhnya Kami orang-orang yang mengadakan perbaikan.” (al-Baqarah: 10-11)

Kebenaran menenteramkan hati, sementara pembenaran hanyalah membuat hati guncang dan ragu.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadits diriwayatkan dari Wabishoh bin Ma’bad:

جِئْتَ تَسْأَلُنِي عَنْ الْبِرِّ وَالْإِثْمِ؟ قُلْتُ نَعَمْ فَجَمَعَ أَصَابِعَهُ الثَّلَاثَ فَجَعَلَ يَنْكُتُ بِهَا فِي صَدْرِي وَيَقُولُ يَا وَابِصَةُ اسْتَفْتِ نَفْسَكَ الْبِرُّ مَا اطْمَأَنَّ إِلَيْهِ الْقَلْبُ وَاطْمَأَنَّتْ إِلَيْهِ النَّفْسُ وَالْإِثْمُ مَا حَاكَ فِي الْقَلْبِ وَتَرَدَّدَ فِي الصَّدْرِ وَإِنْ أَفْتَاكَ النَّاسُ رواه أحمد

“Engkau bertanya kepadaku tentang kebaikan dan dosa.” Wabishoh menjawab, “Iya wahai Rasulullah.” Lalu Rasulullah mengumpulkan tiga jarinya dan menusukkannya ke dada Wabishoh, dan bersabda, ” Wahai Wabishoh, tanyalah hatimu. Kebaikan adalah sesuatu yang membuat hatimu tenang dan jiwamu tenteram. Sedangkan dosa adalah sesuatu yang mengganjal di hatimu dan mengguncang dadamu, meskipun orang-orang sudah memberimu jawaban. (HR Ahmad juz 37 hal. 438 no. 17315)

Kebenaran bertahan lama, sementara pembenaran cepat atau lambat akan tersingkap kepalsuannya.

17. Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, Maka mengalirlah air di lembah-lembah menurut ukurannya, Maka arus itu membawa buih yang mengambang. dan dari apa (logam) yang mereka lebur dalam api untuk membuat perhiasan atau alat-alat, ada (pula) buihnya seperti buih arus itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan (bagi) yang benar dan yang bathil. Adapun buih itu, akan hilang sebagai sesuatu yang tak ada harganya; adapun yang memberi manfaat kepada manusia, maka ia tetap di bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan-perumpamaan. (ar-Ra’du: 17)

Kebenaran melahirkan kebaikan, sedangkan pembenaran melahirkan kerusakan.

Tentang akibat masyarakat yang menegakkan kebenaran Allah berfirman,

96. Jikalau Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, Maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. (al-A’raf: 96)

Tentang masyarakat yang didominasi oleh dosa Allah berfirman,

41. telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).(ar-Rum: 41)

Kebenaran terkadang kurang populer, sedangkan pembenaran selalu mengandalkan popularitas.

Allah berfirman:

116. dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah menduga-duga. (al-An’am: 116)

Sedangkan tentang orang-orang munafiq Allah menceritakan bagaimana mereka memakai sumpah palsu untuk mendapatkan popularitas, Allah berfirman,

62. mereka (orang-orang munafiq) bersumpah kepada kamu dengan (nama) Allah untuk mencari keridhaanmu, Padahal Allah dan Rasul-Nya Itulah yang lebih patut mereka cari keridhaannya jika mereka adalah orang-orang yang mukmin. (at-Taubah: 62)

Allah juga berfirman

204. dan di antara manusia ada orang yang ucapannya tentang kehidupan dunia menarik hatimu, dan dipersaksikannya kepada Allah (atas kebenaran) isi hatinya, Padahal ia adalah penantang yang paling keras. (Al-Baqarah: 204)

Kebenaran adalah sesuatu yang diperjuangkan orang mukmin, sementara pembenaran adalah hal selalu dipakai oleh orang munafik.

Nabi Syu’aib a.s. mengatakan

“Aku tidak bermaksud kecuali (mendatangkan) perbaikan selama aku masih berkesanggupan. dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. hanya kepada Allah aku bertawakkal dan hanya kepada-Nya-lah aku kembali.” (Hud: 88)

Nabi Syu’aib ketika mengatakan kebaikan, dia dalam posisi memperjuangkan kebenaran yang kadang tidak mendatangkan keuntungan untuknya.

Sedangkan pengguna topeng pembenaran menggunakan retorika untuk membela kepentingan dan mempertahankan zona amannya.

62. Maka Bagaimanakah halnya apabila mereka sesuatu musibah disebabkan perbuatan tangan mereka sendiri, kemudian mereka datang kepadamu sambil bersumpah: “Demi Allah, Kami sekali-kali tidak menghendaki selain penyelesaian yang baik dan perdamaian yang sempurna”.

63. mereka itu adalah orang-orang yang Allah mengetahui apa yang di dalam hati mereka. Karena itu berpalinglah kamu dari mereka, dan berilah mereka nasehat, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. (an-Nisa’: 62-63)

Pencari kebenaran selalu mengintrospeksi dirinya, sedangkan pengguna pembenaran selalu menutupi cacatnya.

Rasulullah bersabda,

الْكَيِّسُ مَنْ دَانَ نَفْسَهُ وَعَمِلَ لِمَا بَعْدَ الْمَوْتِ وَالْعَاجِزُ مَنْ أَتْبَعَ نَفْسَهُ هَوَاهَا وَتَمَنَّى عَلَى اللَّهِ رواه الترمذي وابن ماجه

“Orang yang pandai adalah yang mengekang jiwanya dan beramal untuk kehidupan setelah kematian. Sedangkan orang lemah adalah yang selalu mengikuti hawa nafsunya dan banyak berangan-angan terhadap Allah. (HR at-Turmudzi dan Ibnu Majah)

Kebenaran terkadang pahit dan tidak sesuai dengan hawa nafsu sedangkan pembenaran selalu mengikuti hawa nafsu.

Rasulullah SAW bersabda,

حُفَّتْ الْجَنَّةُ بِالْمَكَارِهِ وَحُفَّتْ النَّارُ بِالشَّهَوَاتِ رواه البخاري ومسلم واللفظ له

“Surga itu dikelilingi oleh hal-hal yang tidak disukai, sedangkan neraka dikelilingi oleh syahwat.” (HR al-Bukhari dan Muslim)

Kebenaranlah yang pada akhirnya bermanfaat di akhirat, sedangkan pembenaran hanya akan mempersulit hisab seseorang.

13. pada hari itu diberitakan kepada manusia apa yang telah dikerjakannya dan apa yang dilalaikannya.

14. bahkan manusia itu menjadi saksi atas dirinya sendiri,

15. meskipun Dia mengemukakan alasan-alasannya. (al-Qiyamah: 13-15)

Semoga Allah memberi petunjuk dan kekuatan pada kita semua untuk mengetahui dan mengikuti kebenaran di mana pun dan kapan pun. Amiin. Allahu a’lam

Kamis, 25 Juni 2009

Never Been Worst


Setelah melalui segala ini itu dengan was-was dan helaan napas, masih ada lagi. Inilah saat yang tepat mengatakan : "When you feel nothing could be worst, ..."

Hari ini sangat menyebalkan! Tapi kalau disuruh menjelaskan terkesan menyalahkan orang lain. Memang tepukan itu dihasilkan dari dua tangan kan. Mau bagaimana lagi. Satu lagi untaian doa yang harus saya panjatkan. What a day!

"Ya Rabb, luruskan niat kami. Sesungguhnya kami adalah hamba-hamba Mu yang minim ilmu nya. Jagalah langkah-langkah hidup kami, tunjukkan kami jalan yang lurus dan Engkau ridhoi"


Nice comic: Tina Groove



The World’s Funniest Real Ads

Believe it or not, these ads actually found their way into newspapers all over the world:

Braille dictionary for sale. Must see to appreciate.

FOR SALE BY OWNER: Complete set of Encyclopedia Britannica. 45 volumes. Excellent condition. $1,000.00 or best offer. No longer needed. Got married last weekend. Wife knows everything.

Help wanted, singer for rock band. Must be female or male.

For sale, Hope Chest, brand new, half off, long story.

Help wanted, adult or mature teenager to baby-sit. One dollar an hour.

Lost: small brown poodle. Reward. Neutered. Like one of the family.

For sale: a quilted high chair that can be made into a table, potty chair, rocking horse, refrigerator, spring coat, size 8 and fur collar.

Four-posted bed, 101 years old. Perfect for antique lover.

Wanted: Part-time married girls for soda fountain in sandwich shop.

Man wanted to work in dynamite factory. Must be willing to travel.

Christmas sale. Handmade gifts for the hard-to- find person.

Wanted, man to take care of cows that does not smoke or drink.

Three-year old teacher needed for pre-school. Experience preferred.

Wanted. Widower with school-age children requires person to assume general housekeeping duties. Must be capable of contributing to growth of family.

Tired of working for only $9.75 per hour? We offer profit sharing and flexible hours. Starting pay: $7 -- $9 per hour.

Our sofa seats the whole mob and it’s made of 100% Italian leather.

Full sized mattress. 20 year warranty. Like New. Slight urine smell.

Nordic Track $300 hardly used, call Chubby.

Joining nudist colony! Must sell washer and dryer $300.

Open house body shapers toning salon free coffee and donuts

Found: dirty white dog. Looks like a rat... been out while. Better be reward.

Exercise equipment: Queen Size Mattress & Box Springs - $175.

ALZHEIMER'S CENTER PREPARES FOR AN AFFAIR TO REMEMBER.

Free Yorkshire Terrier: 8 years old. Hateful little dog.

Free puppies: ½ cocker spaniel, ½ sneaky neighbor’s dog.

Free puppies: part German Shepherd, part stupid dog.

German Shepherd, 85 lbs. Neutered. Speaks German. Free.

Snow Blower for sale…only used on snowy days.

Bill’s Septic Cleaning: “We Haul American-Made Products."

Cows, calves never bred…also 1 gay bull for sale.

Nice Parachute – Never opened. Used once.

Hummels – Largest selection ever. "If it’s in stock, then we have it!"

1 man, 7 women hot tub. $850/offer.

Shakespeare’s Pizza. Free chopsticks.

Harrisburg Postal Employee Gun Club.

Tickle-Me-Elmo, still in box, comes with its own 1988 Ford Mustang, 5L, Auto, Excellent condition $6800.

Rolls Royce Loan



A businessman walks into a bank in San Francisco and asks for the loan officer. He says he is going to Europe on business for two weeks and needs to borrow $7,000. The bank officer says the bank will need some kind of security for such a loan.

So the businessman hands over the keys to a Rolls Royce parked on the street in front of the bank. Everything checks out, and the bank agrees to accept the car as collateral for the loan. An employee drives the Rolls into the bank's underground garage and parks it there.

Two weeks later, the businessman returns, repays the $7,000 and the interest, which comes to $19.67. The loan officer says, "We are very happy to have had your business, and this transaction has worked out very nicely, but we are a little confused. While you were away, we checked you out and found that you are a multimillionaire. What confuses us is why would you bother to borrow $7,000?"

The businessman replied, "Where else in San Francisco can I park my car for two weeks for $20 bucks?"

Weight Loss Plan



A man calls a company and orders their 5-day, 10 lb. weight loss program.

The next day, there's a knock on the door and there stands before him a voluptuous, athletic, 19 year old babe dressed in nothing but a pair of Nike running shoes and a sign around her neck.

She introduces herself as a representative of the weight loss company.

The sign reads, "If you can catch me, you can have me."

Without a second thought, he takes off after her.

A few miles later huffing and puffing, he finally gives up.

The same girl shows up for the next four days and the same thing happens.

On the fifth day, he weighs himself and is delighted to find he has lost 10 lbs. as promised.

He calls the company and orders their 5-day/20 pound program.

The next day there's a knock at the door and there stands the most stunning and beautiful woman he has ever seen in his life.

She is wearing nothing but Reebok running shoes and a sign around her neck that reads, "If you catch me you can have me."

Well, he's out the door after her like a shot.

This girl is in excellent shape and he does his best, but no such luck.

So for the next four days, the same routine happens with him gradually getting in better and better shape.

Much to his delight on the fifth day when he weighs himself, he discovers that he has lost another 20 lbs. as promised.

He decides to go for broke and calls the company to order the 7-day/50 pound program.

"Are you sure?" asks the representative on the phone. "This is our most rigorous program."

"Absolutely," he replies, "I haven't felt this good in years."

The next day there's a knock at the door; and when he opens it he finds a huge muscular guy standing there wearing nothing but pink running shoes and a sign around his neck that reads,"If I catch you, you are mine!!!"

He lost 63 pounds that week.

ATM



A new sign in the Bank Lobby reads:

"Please note that this Bank is installing new Drive-through ATM machines enabling customers to withdraw cash without leaving their vehicles. Customers using this new facility are requested to use the procedures outlined below when accessing their accounts.

After months of careful research, MALE and FEMALE procedures have been developed.

Please follow the appropriate steps for your gender:

MALE PROCEDURE

1. Drive up to the cash machine.
2. Put down your car window.
3. Insert card into machine and enter PIN.
4. Enter amount of cash required and withdraw.
5. Retrieve card, cash and receipt.
6. Put window up.
7. Drive off.

FEMALE PROCEDURE

1. Drive up to cash machine.
2. Reverse and back up the required amount to align car window with the machine.
3. Set parking brake, put the window down.
4. Find handbag, remove all contents on to passenger seat to locate card.
5. Tell person on cell phone you will call them back and hang up.
6. Attempt to insert card into machine.
7. Open car door to allow easier access to machine due to its excessive distance from the car.
8. Insert card.
9. Re-insert card the right way.
10. Dig through handbag to find diary with your PIN written on the inside back page.
11. Enter PIN.
12. Press cancel and re-enter correct PIN.
13. Enter amount of cash required.
14. Check makeup in rear view mirror.
15. Retrieve cash and receipt.
16. Empty handbag again to locate wallet and place cash inside.
17. Write debit amount in check register and place receipt in back of checkbook.
18. Re-check makeup.
19. Drive forward 2 feet.
20. Reverse back to cash machine.
21. Retrieve card.
22. Re-empty hand bag, locate card holder, and place card into the slot provided.
23. Give dirty look to irate male driver waiting behind you.
24. Restart stalled engine and pull off.
25. Redial person on cell phone.
26. Drive for 2 to 3 miles.
27. Release Parking Brake.

Rabu, 24 Juni 2009

A Red, Red Rose by Robert Burns



O my Luve's like a red, red rose
That's newly sprung in June;
O my Luve's like the melodie
That's sweetly played in tune.

As fair art thou, my bonnie lass,
So deep in luve am I;
And I will luve thee still, my dear,
Till a' the seas gang dry:

Till a' the seas gang dry, my dear,
And the rocks melt wi' the sun;
I will luve thee still, my dear,
While the sands o' life shall run.

And fare thee weel, my only Luve,
And fare thee weel awhile!
And I will come again, my Luve,
Tho' it ware ten thousand mile.

When Work is S*CK



Beberapa hari belakangan ini, kerjaan gue cuman melototin komputer, mainin worksheet excel, menunggu data, telepon-telepon client, bikin memo dan bolak-balik improve blog di internet. What a wasting time. Serasa magabut.

Well, this is live as an account manager. Everyday still a blessing day.

Senin, 22 Juni 2009

Botchan : Another Rebel


Buku ini direkomendasikan bagi mereka yang membaca Totto Chan. Tapi ternyata gak banyak juga yang baca Botchan setelah baca Totto Chan. Buktinya, waktu saya cari buku ini di Gramed, karyawannya gak bisa menemukan. Well, it is least popular for sure.

Sekilas buku ini tampil menarik. Menurut rekan sekerja yang sudah baca, membosankan. Memang sih, menurut pengantar nya, buku ini karya klasik Jepang. Sangat digemari masyarakat Jepang karena mewakili ketidaksukaan mereka pada tata aturan masyarakat Jepang.

Di awal cerita Botchan, alias si tokoh utama, bener-bener ngedumel mulu. Menurutku sejauh ini menarik. Dia sangat jujur, tapi terhadap perasaannya. Ini yang agak gawat. Mereka yang jujur pada kata hati seringkali menyakiti orang lain meskipun itulah yang sebenarnya. Pepatah HI bilang, "Tell the truth but not the whole truth."

Well, kita lihat saja kelanjutannya.

Who Are You?


Pertanyaan ini selalu jadi topik pertama dalam pelatihan atau pendidikan pribadi.
So, aku iseng-iseng coba lihat kuis apa aja yang ada internet. Who Am I?

Berdasarkan tes kepribadian online yang paling banyak di search, yaitu dengan metode MBTI, hasilnya adalah ENTJ (Chief). Gak banget deyh... Mungkin jawabanku terlalu dipikirin. Kalau mau tahu detailnya bisa klik disini. Kamu bisa juga ikutan test nya. Gratis, kok. ENTJ itu sama dengan Sigourney Weaver "ALIEN". Hehehe... Bisa-bisa aje.

Berikutnya, adalah tes yang katanya pernah diikuti oleh OPRAH. Ini udah agak lama aku ikuti sih. Tapi coba lagi hari ini. Ternyata hasilnya berubah, lho. Nilaiku cuman 40. I'm the loyal friend. Kamu juga bisa coba dengan klik disini.


Ada juga tes kepribadian yang lain. Ini paling sering diikuti. Dan hasilnya: ALWAYS beda! Hari ini hasil yang kudapatkan adalah MELAKOLI PLEGMATIK. Please deh! Dulu pas kuliah, Sanguinis sejati. Pas mau masuk kerja Plegmatik. Kok bisa jadi melankoli. Mau coba juga, klik aja disini.

Masih ada banyak link lain sih. Silakan search sendiri di internet deh! Selamat mencoba!

Selasa, 16 Juni 2009

Jakarta: Another City that Never Sleep

Salah satu film favorit saya: Sleepless in Seatle. Disebut sleepless karena siaran radio nya on terus 24 jam. Gimana dengan Jakarta, ibukota Indonesia, kota terpadat ke-21 di dunia?

Udah lazim bagi kita yang lahir dan besar di Jakarta bahwa sebagai ibukota, kota ini benar-benar hidup. Siang maupun malam. Maklum, sedang membangun diri. Lantas tidak juga berarti manusianya ikut dibangun. Tidak jadi pemandangan aneh, dari kawasan Thamrin trus belok ke Sudirman memutar sedikit ke arah Manggarai hingga sampai di pinggiran Ciliwung sekitar Jatinegara. Kalau kamu tahu semua daerah itu, terbayang peralihan pemadangan "main street" sampai bantaran kali. Atau dari Thamrin langsung ke arah tanah abang dan masuk ke gang-gang sempit MHT. Nama jalan itu sama kan... tapi nyata bedanya.

Dua tiga minggu yang lalu, seperti biasa aku pulang dengan kereta ekspress jurusan Sudirman-Bekasi. Meski namanya ekspress, jalannya bisa tersendat-sendat akibat sistem transportasi yang belum juga ajeg. Sore itu tidak jauh berbeda. Menjelang pukul enam. Di pusat kota, orang berjejal naik apa saja untuk sampai ke rumah. Kecuali mereka yang punya kelebihan, naik mobil pribadi. Mataku tertuju pada pemandangan di pinggiran Ciliwung, sekitar Halimun. Kereta mendadak berhenti. Sepanjang pinggir rel, laki-laki dan perempuan seperti sedang bersiap-siap, sibuk begini begitu. Mau apa ya sore-sore begini.

Pandanganku sekarang terfokus pada satu buah petak yang sedang dikerjakan oleh dua laki-laki. Petakan itu dibuat dari potongan kayu bekas, seperti pondasi rumah-rumahan. Di sekitarnya ada papan-papan bekas yang akan jadi dindingnya. Di pojokan ada kaleng cat besar yang digunakan sebagai wadah air. Aku pikir ini MCK umum untuk 'rakyat miskin kota'. Tapi kemudian, laki-laki yang satu menggelar kasur tipis dan menambahkan dua bantal diatasnya. Kasihan juga pikirku, nasib rakyat miskin kota yang harus tidur di pinggir rel. Kenapa tidak pilih di kolong saja yang sepi.

Pandanganku seperti dibelokkan. Aku mulai melihat kerumunan lain yang ada di sekitarnya. Perempuan-perempuan yang tidak begitu cantik apalagi terbilang seksi. Tapi mereka seperti akan jadi pemeran utama dalam suatu lakon. Berhias dan berpakaian menggoda. Meski ada kesan dipaksakan dan pas-pasan. Mereka sedang menunggu giliran.. pekerjaan harian mereka.

Aku yang besar di Jakarta dan lazim dengan semua cerita kejamnya "Ibu Tiri Indonesia" ini mendadak trenyuh. Bukan karena baru melihat pemandangan malam Jakarta. Bukan hal baru soal penjaja malam itu dan kehidupan malam lainnya. Aku sudah melihatnya di pinggiran Jatinegara setiap pulang malam waktu masih kuliah. Atau mobil-mobil balap yang tanding di jalan tol dekat Senayan menjelang tengah malam. Atau warung dangdut remang-remang di kolong jembatan dekat gedung kantor. Hanya sekali lagi aku sadari : Kota ini benar-benar hidup di setiap petak lahannya setiap detiknya.

Rabu, 10 Juni 2009

Mirip...Gak Mirip...

Kemarin aku habis bersilaturahim ke rumah teman. Melihat saudara-saudara teman, semuanya pada mirip. Bagaikan kembar. Saudara pertama, versi kurus. Saudara kedua, versi gemuk. Saudara ketiga, dst..dst..dst... Trus aku curhat ke nyokap. "Asik kali ya, mah, kalo punya saudara perempuan. Aku bisa lihat orang yang mirip aku."

Trus mama cerita,"Banyak lho, yang bilang kita mirip. Kita mungkin gak ngerasa. Sebenarnya yang mereka lihat air muka kita, dek."

"Masak sih, ma? Adek gak mirip siapa-siapa kan...," jawabku ngotot.

Subhanallah, malam itu mama menarik kesimpulan : Orang lain bisa melihat kemiripan fisik kita dan kita masih menyangkalnya. Apalagi sifat kita ya, yang tidak terlihat? Bukankah kita lebih sering menyangkal pendapat orang tentang diri kita. Padahal bisa jadi itu yang terlihat dari diri kita.

Duh, mama. Bijak banget malam ini.

Kamis, 04 Juni 2009

My Favourite Beauty


Anggrek merupakan sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hiasan. Tumbuhan berbunga mulai muncul pada Zaman Kapur. Tanaman berbunga pertama adalah angiosperma. Dia merupakan bunga kebangsaan bagi negara Singapura dan Thailand. Bunga Anggrek Bulan adalah bunga pesona bangsa Indonesia.

Anggrek sering dipergunakan sebagai simbol dari rasa cinta, kemewahan, dan keindahan selama berabad-abad. Bangsa Yunani menggunakan anggrek sebagai simbol maskulinitas , sementara bangsa Tiongkok pada jaman dahulu kala mempercayai bahwa anggrek sebagai tanaman yang mengeluarkan aroma harum dari tubuh Kaisar Tiongkok.

Pada pertengahan zaman, anggrek mempunyai peran penting dalam pengembangan tehnik pengobatan menggunakan tumbuh-tumbuhan. Penggunaannya pun meluas sampai menjadi bahan ramu-ramuan dan bahkan sempat dipercaya sebagai bahan baku utama pembuatan ramuan ramuan cinta pada masa tertentu. Ketika anggrek muncul dalam mimpi seseorang, hal ini dipercaya sebagai simbol representasi dari kebutuhan yang mendalam akan kelembuatan, romantisme, dan kesetiaan dalam suatu hubungan. Akhirnya, pada permulaan abad ke-18, kegiatan mengkoleksi anggrek mulai menjadi kegiatan yang banyak dilakukan di segala penjuru dunia, terutama karena keindahan dan sisi eksotik dari tanaman ini.

Source : Wikipedia Indonesia

Rabu, 03 Juni 2009

Music is ...

Siapa sih yang gak suka musik. “Music is what feelings sound like.” Waktu gue SMP, kesukaan musik gue disalurkan hobi gue ya dengerin radio. Radio apalagi kalo bukan Prambors. Jam paling favorite jam 15-19. Wah, gawat tuh! Melewati banyak jam shalat! Masa lalu... Tapi tetep shalat, kok. Cuman waktunya itu... disesuaikan dengan lagu yg lagi diputer. Sekarang masih ada Prambors kok di 102.2 FM. Tapi gak tahu deh siapa yang masih siaran. Si Irfan aja udah di VoA. Jadul abis ya gue. Selanjutnya, tentu ada masa di mana kita nonton musik alias MTv. Wuih,,, tapi gue gak terlalu music generation banget sih.

Music yang gue dengerin easy listening kok. Buat aliran hard core yg kayaknya lagi digandrungi waktu itu. Gue paling gandrung dengerin Unplugged Nirvana dan OASIS, juga Alanis Morissette. Lumayan lah, gak terlalu bikin pusing dan ngantuk. Lumayan nemenin waktu belajar.

Kalo sekarang, gue gak gandrung musik lagi kecuali lagu2 anime.

Komik Masa Lalu


Pernah baca dua komik ini? Ini komik karangan Ringo Hajiri. Lutchu abis! Tentang anak perempuan yang biasa aja! Dia memendam rasa suka pada kakak kelasnya yang populer di sekolah. Gak ada harapan. Tanpa disadari dia memiliki bakat yang diminati oleh sang kakak kelas : kekuatan supra natural! Sayang, sang gadis cuman tau soal makan dan makan. Rakus abis! Walhasil, kekuatan supranaturalnya selalu diidentikkan dengan makanan.

Komik ini benar-benar menghibur. Termasuk favourite-ku. Ada lagi yang juga jadi favourite-ku. Seven Magic oleh Yu Asagiri dan Angin Musim Gugur oleh Kyoko Hikawa. Kalo yang ini komik serial cantik. Standard sih dengan cerita-cerita serial cantik lainnya, tapi latar belakang cerita cukup menarik. Seven Magic mengisahkan tentang tari modern. Sementara Angin musim gugur yang dilanjutkan dengan Pastel Mood dan ... (satu lagi gua lupa). Oia, ada satu lagi yang gue suka tapi gak tamat baca: Pop Corn. Selamat membaca!








Mirai e by Kiroro

Ini lagu favourite ku. Jadi penyemangat waktu mau ngerjain skripsi. Semangat kawan! Soundtrack Final Fantasy lho. Sayang, mp3 nya ilang. Hiks,hiks,...

未来へ(後來日文原版)作詞:玉城千春 作曲:玉城千春
Menggapai Masa Depan
Lirik dan musik : Chiharu Tomoshiro
Penyanyi : Kiroro
Terjemahan bebas : Danardono Dwi Antono
Editan sesuka hati : saya dong

**ほら足元を見てごらん
Mari (kita) lihat jejak-jejak kaki itu
これがあなたの歩む道
Ini adalah rute jejak-jejak kakimu
ほら 前を見てごらん
Marilah, melihat ke belakang
あれがあなたの未来
Itu adalah keajaiban (karena)mu (mama)

母がくれたたくさんの優しさ
Aku telah menerima banyak sekali kasih sayang Mama
愛を抱いて
Genggamlah (selalu) cinta
歩めと繰り返した
sambil berjalan (berulang-ulang berkata)

あの時はまだ 幼くて意味など知らない
Ketika itu aku masih kecil, masih belum mengerti apa-apa
そんな私の手を握り一緒に歩んできた
Namun begitu, Mama selalu memegang tanganku, lalu mengajak berjalan bersama

夢はいつも空高くあるから
Impianku selalu tinggi, seperti ada di langit sana
届かなくて怖いね 
Aku selalu takut akan gagal meraihnya
だけど追い続けるの
Tapi mama selalu berjalan bersamaku

自分のストーリだからこそ 諦めたくない
Itu adalah cerita tentang diriku, dan karenanya aku tak akan menyerah
不安になると手を握り
Ketika aku merasa hampa, tanganku dipegangnya
一緒に歩んできた
Dan bersama Mama, kembali berjalan

その優しさを時には嫌がり
Masa-masa yang penuh kebaikan Mama itu
離れた母へ素直になれず
(aku ingat) Membuatku selalu ingin seperti Mama yang telah berpisah

ke **

その優しさを時には嫌がり
Masa-masa yang penuh kebaikan Mama itu 離れた母へ素直になれず
(aku ingat) Membuatku selalu ingin seperti Mama yang telah berpisah
Ke **

未来へ向かってゆっくりと歩いて行こう
Mari menggapai masa depan,
Perlahan-lahan, berjalan bersama

================================

Lirik dalam alfabet :

Hora ashimoto wo mitegoran
Kore ga anata no ayumu michi
Hora mae wo mitegoran
Are ga anata no mirai

Haha ga kureta takusan no yasashisa
Ai wo idaite ayume to kurikaeshita
Ano toki wa mada osanakute imi nado shiranai
Sonna watashi no te wo nigiri
Issho ni ayundekita

Yume wa itsumo sora takaku aru kara
Todokanakute kowai ne dakedo oitsuzukeru no
Jibun no SUTOORII dakara koso akirametakunai
Fuan ni naru to te wo nigiri
Issho ni ayundekita

** sono yasashisa wo toki ni wa iyagari
Hanareta haha e sunao ni narezu

* repeat
** repeat
* repeat

Hora ashimoto wo mitegoran
Kore ga anata no ayumu michi
Hora mae wo mitegoran
Are ga anata no mirai

Mirai e mukatte yukkuri to aruite yukou

===============

Terjemahan aslinya Donny :

未来へ(後來日文原版)作詞:玉城千春 作曲:玉城千春
Ke masa depan
Lirik dan musik : Chiharu Tomoshiro
Terjemahan bebas : Danardono Dwi Antono

ほら 足元を見てごらん
これがあなたの歩む道ほら 
前を見てごらんあれがあなたの未来
Hei, lihatlah pijakan kakimu
Ini adalah jejak langkahmu
Hei, lihatlah ke depan
Itu adalah masa depanmu

母がくれたたくさんの優しさ
愛を抱いて歩めと繰り返した
あの時はまだ幼くて意味など知らない
そんな私の手を握り一緒に歩んできた
Kebaikan yang banyak dari ibu.
(Mengatakan) berulang-ulang berjalanlah denganmenggenggam cinta.
Saat itu ku masih kanak-kanak sehingga tak tauartinya.
(Ibu) Menggenggam tanganku.Berjalan bersama (ku).

夢はいつも空高くあるから届かなくて怖いね 
だけど追い続けるの
自分のストーリだからこそ諦めたくない
不安になると手を握り一緒に歩んできた
Mimpi itu selalu ada tinggi di langit.
Takut tidak mampu menggapainya, tapi tetap kukejar.
Karena semua itu adalah cerita diriku sehingga tidakingin menyerah.
Saat risau, (ibu) memegang tanganku.Berjalan bersama (ku).

その優しさを時には嫌がり離れた母へ素直になれず
Kadang ku tidak suka dengan segala kebaikan (ibu).
(Karena) Tidak bisa menjadi diri sendiri ke ibu yangtidak di sisi.

ほら 足元を見てごらんこれがあなたの歩む道
ほら 前を見てごらんあれがあなたの未来
未来へ向かってゆっくりと歩いて行こう
Hei, lihatlah pijakan kakimu.Ini adalah jejak langkahmu.
Hei, lihatlah ke depan.Itu adalah masa depanmu.
Menuju ke masa depan,Mari kita perlahan-lahan berjalan bersama.

Teater Koma: My favourite live show

Pertama kali mendengar teater koma waktu masih SD. Tanpa sengaja membaca liputan lakon "Sampek Engtay" di koran bekas. Wuih, menarik banget. Harus, kudu, wajib aku menontonnya suatu hari nanti. Alhamdulillah hari yang dinantikan tiba, sekitar tahun 2000 awal. Pentasnya dekat rumah, di TMII. Tapi mama gak mengizinkan. Untuk ukuran jajan anak SMA, harga tiketnya terlalu mahal. Bisa buat nonton bioskop berkali-kali. Walhasil, aku perlu mencucurkan air mata dulu, baru dibeliin tiket. Kekanak2an ya. Tapi tidak ada penyesalan sesudahnya. It's trully an astonishing live show. Plus dibawakan di teater modern seperti teater tanah air TMII. You won't regret it! Kisah romantis klasik china yang dibawakan penuh komedi. Bahkan aku mau berulang kali nonton lagi. Karena ini live show--bukan seperti sinetron atau film di bioskop--selalu ada yg beda.

Berhubung cerita klasik, jadi semua sudah tau alur ceritanya. Itu lho...kisah anak perempuan yang menyamar sebagai laki-laki agar bisa bersekolah. Akhirnya, dia jatuh cinta dengan teman sekelasnya dan terpaksa membongkar penyamaran. Sayang cinta mereka tanpa restu orangtua, jadi... bisa ditebaklah it's a sad-ending story. Bisa dibilang Romeo and Juliet versi China.

Bagi saya, pemain teater koma luar biasa berbakat. Belum lagi penyusun naskah dan sutradaranya. Luar biasa pementasannya. Berhubung di Indonesia, teater belum menjadi industri, hampir segala pernak-pernik teater dibuat oleh pemain sendiri. Luar biasa kalau melihat dekor, tata rias serta konstum pemain. Mph...

Sayangnya, nonton teater itu pasti malam hari. Rata-rata mulai jam delapan baru selesai tengah malam. Kalau anak gadis dilarang nonton sendirian, ya. Apalagi sampai pulang sendirian. Bahaya itu.

Teater Koma, jangan sampai titik ya!